29 Desember 2018 21:26 wib
  • jurnal,pendidikan

Medan – Rumah Jurnal membuat gebrakan baru dalam menunjang terciptanya jurnal bereputasi di kalangan UIN Sumatera Utara. Gebrakan tersebut disambut dengan baik oleh berbagai fakultas yang siap didatangi oleh tim Rumah Jurnal. Untuk pertama kalinya, pagelaran Roadshow Rumah Jurnal diagendakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Jumat, (21/12).

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mendorong agar dosen di lingkungan UIN SU khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam untuk meningkatkan kualitasnya di dunia publikasi ilmiah serta upaya bersama dalam membenahi jurnal agar memiliki kualitas indeksasi nasional dan internasional.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengelola jurnal fakultas/prodi, seluruh dosen dan masing – masing  ketua prodi yang menjadi sasaran sosialisasi jurnal bereputasi. Selain itu juga hadir Bapak Dr. H. Muhammad Yafiz, MA selaku Wakil Dekan I Fakultas Eknomi dan Bisnis Islam sekaligus sebagai moderator pada kegiatan tersebut.

Saat berlangsungnya sesi pemateri oleh Bapak M. Irwan Padli Nasution, S.T, M.M, M.Kom juga selaku ketua Rumah Jurnal UIN SU, peserta sosialisasi sangat antusias dalam memberikan pertanyaan terkait jurnal bereputasi. Melalui metode Think, Check and Submit para peserta harus memahami dengan benar jurnal manakah yang mempunyai reputasi yang baik (journal indexed) agar tidak terjebak pada jurnal abal – abal.

Adanya kegiatan ini diapresiasi secara langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Andri Soemitra, MA sebagai kegiatan yang dapat membantu dalam permasalahan jurnal serta sebagai langkah untuk mewujudkan UIN SU Juara.

"Kegiatan ini sangat bernilai positif sehingga diharapkan akan ada kegiatan semacam ini untuk kedepannya”, tutupnya.