07 Agustus 2018 08:41 wib

Pada tanggal 26 - 28 Juli 2018, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) mengadakan workshop Asistensi Tata Kelola Jurnal Berpotensi Terakreditasi di Hotel Aryaduta Medan. Dalam kegiatan tersebut 50 perwakilan pengelola jurnal dari berbagai lembaga dan Perguruan Tinggi se-Indonesia yang sudah menduduki peringkat Sinta 3 dan 4 diundang menjadi peserta, dua diantaranya dari pengeloa jurnal di UIN Sumatera Utara, yaitu jurnal Human Falah dan JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi). Jurnal Human Falah yang merupakan terbitan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Sumatera Utara diwakili oleh Sugianto, MA., sedangkan jurnal JIPI yang merupakan terbitan dari Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara diwakili oleh langsung oleh Editor in-Chief, Dra. Retno Sayekti, MLIS.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah jurnal ilmiah nasional yang terakreditasi secara Nasional. Hal ini seiring dengan keluarnya peraturan baru tentang sistem akreditasi jurnal tingkat nasional oleh Kementerian Riset dan Teknologi. Adapun narasumber kegiatan terbut adalah Dr. Lukman, dari LIPI, Dr. Istadi dari Universitas Diponegoro, dan lain-lain. Dalam peraturan yang baru dikeluarkan dinyatakan bahwa semua jurnal yang telah terindeks di Sinta ditetapkan sebagai jurnal terakreditasi nasional dengan peringkat 1 sampai 6 dan akan diberikan sertifikat. Peringkat S1 dan S2 berusia 5 tahun, sedangkan peringkat 3 hingga 6 tidak terbatas dan bisa meningkatkan kualitasnya ke peringkat 1 atau 2.

Dalam kesempatan itu para pengelola jurnal didampingi secara langsung oleh para asesor akreditasi jurnal dari Ristekdikti untuk memperbaiki tata kelola jurnal masing-masing berdasarkan standar yang telah ditetapkan untuk mencapai peringkat Sinta 2 dan Sinta 1 (S2 dan S1).