08 Juni 2018 01:21 wib
  • jurnal,scopus

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Indonesia untuk menuju World Class University. Salah satunya, dengan mendongkrak jumlah publikasi internasional di jurnal bereputasi. Dalam hal ini, Direktorat Sumber Daya Manusia Kemristekdikti menginisiasi kebijakan berupa Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017 Tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor.

Berdasarkan data per 31 Juli 2017, publikasi Indonesia di Scopus tercatat 9.349 publikasi. Sedangkan Thailand di angka 8.204 publikasi. Dua negara di atas Indonesia, yaitu Singapura dan Malaysia masing-masing telah menerbitkan 10.977 publikasi dan 15.985 publikasi.

Khusus untuk Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan masih cukup rendah untuk publikasinya terindex di Scopus.  Berdasarkan data Scopus sampai dengan tanggal 7 Juni 2018, jumlah dokumen yang ber-affiliation dengan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara hanya terdapat 10 dokumen dari 10 orang penulis. Hal ini memerlukan perhatian serius dan kerja keras dari semua civitas akademika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, sehingga ke depan daya saing Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan akan menjadi lebih baik. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk menggiatkan publikasi dosen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan yang bereputasi internasional.

Sebagai bentuk kongkrit, Rumah Jurnal UINSU mengadakan kegiatan: “WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH BERTARAF INTERNASIONAL”.  Acara dibuka dengan arahan dan bimbingan dari Rektor UIN Sumatera Utara Medan Bapak Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag.  Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 6 dan 7 Juni 2018, bertempat di Hotel Madani Medan. Peserta dari kegiatan ini sebanyak 68 orang terdiri dari para Guru Besar, Calon Guru Besar dan panitia pelaksana.  Narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Robbi Rahim, S.Kom., M.Kom dari Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesia (KO2PI).  Dari narasumber didapatkan banyak informasi tentang bagaimana tip dan trik sehingga publikasi terindex di Scopus. 

Berkat kerjasama para peserta dan panitia pelaksana yang dipandu oleh Ibu Rahmah Fithriani, Ph.D, didapatkan output sebanyak 42 abstrak yang akan segera dilengkapi dengan full paper-nya untuk siap dikirimkan ke international conference dari berbagai penyelenggara sesuai bidang ilmu pada kegiatan conference untuk tahun 2018 ini.  Acara ditutup oleh ketua panitia pelaksana acara Bapak Dr. Muhammad Dalimunthe, M.Hum. Ketua Rumah Jurnal UINSU, Bapak M. Irwan Padli Nasution, ST, MM, M.Kom mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan mengharapkan semangat berpacu untuk menggiatkan penulisan paper bereputasi internasional terus ditingkatkan (IRW-8/6/2018)