07 Juni 2018 23:30 wib
  • jurnal,scopus

Scopus(https://www.scopus.com) adalah salah satu database sitasi / literatur ilmiah yang dimiliki oleh penerbit terkemuka dunia  Elsevier. Scopus diperkenalkan ke dunia pada tahun 2004.  Scopus bersaing dengan Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Thomson Reuters menjadi pusat data terbesar di dunia. WOS (http://mjl.clarivate.com/)  terbit terlebih dahulu dibandingkan dengan Scopus. Akan tetapi, Scopus masih lebih diminati dan melingkupi lebih banyak jurnal  jika dibandingkan dengan WOS (Chadegani et al, 2013).  

Selain menampilkan karya ilmiah, Scopus juga menyajikan data hak paten berbagai penelitian di dunia.  Paper yang terindex pada Scopus terlihat lebih prestisius, alasan utamanya karena merupakan peng-index yang bereputasi internasional tinggi.  Seiring untuk  menggiatkan peningkatan jumlah paper terindex bereputasi internasional, sehingga Rumah Jurnal UINSU mengadakan  kegiatan Workshop Pengelolaan Konferensi Internasional terindeks SCOPUS. Workshop ini bertujuan memberikan informasi kepada peserta bagaimana prosedur pengelolaan dan pelaksanaan konferensi internasional terindeks Scopus. Kegiatan ini diikuti oleh 32 orang Dosen di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan dan 3 orang panitia. Kegiatan workshop ini dilaksanakan selama 1 hari  pada tanggal 26 Mei 2018 bertempat di Hotel Madani Jalan SM. Raja Medan. Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Dr. Ade Gafar Abdullah, M.Si dan Bapak Cep Ubad Abdullah, M.Pd.. Kedua Narasumber berasal dari  UPI Bandung.

Acara dibuka oleh Rektor UIN Sumatera Utara Medan Bapak Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag. Pada kata sambutannya ketua panitia acara Bapak Dr. Mhd. Syahnan, M.A., mengucapkan terima kasih kepada pantia dan kepada Bapak Rektor UIN Sumatera Utara Medan yang telah dengan cepat mengambil sikap membentuk Rumah Jurnal UINSU dalam kapasitas untuk pembinaan dan  pengelolaan jurnal serta menggiatkan peningkatan jumlah paper di kawasan  UIN Sumatera Utara Medan.  Peserta workshop sangat antusias mengikuti acara ini dan pada sesi diskusi banyak pertanyaan kepada narasumber. Acara selesai dengan diakhiri buka puasa bersama. Ketua Rumah Jurnal UINSU, Bapak M. Irwan Padli Nasution, ST, MM, M.Kom mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. (IRW-7/6/2018)